Fumayin Biji Ganja Hemp untuk Pakan Burung

Baca Ganja – Bagi pecinta burung khususnya burung kenari, pasti pernah mendengar biji fumayin. Fumayin biji ganja hemp digunakan untuk pakan burung (khususnya Kenari), dikenal untuk meningkatkan performa burung Kenari saat lomba.

fumayin biji ganja hemp pakan burung

Manfaat fumayin sebenarnya adalah untuk meningkatkan birahi burung dan memberikan efek khusus sehingga burung menjadi lebih bersemangat, gacor, dan lebih ngotot ketika dilombakan. Dengan catatan porsi pemberiannya harus sesuai dengan takaran yang tepat.

Sebenarnya fumayin tidak menimbulkan efek kecanduan sebagaimana isu yang berkembang selama ini. Isu tersebut sengaja disebarkan agar tidak semua orang menggunakan fumayin untuk burung mereka. Fumayin aman digunakan jika tidak diberikan melebihi batas, menurut sumber On Kicau Baru.

Hemp dan Mariyuana

Tanaman ganja hemp sering dibingungkan dengan ganja mariyuana. Hemp dan mariyuana berasal dari kelas famili yang sama, yaitu cannabis sativa, tapi kandungan senyawa kedua tanaman ini berbeda.

Mariyuana mengandung senyawa psikoaktif THC (tetrahydrocannabinol) yang tinggi, sedangkan hemp memiliki kandungan senyawa THC yang rendah (sebesar 0.3%). Dengan kata lain, biji ganja hemp tidak akan membuat high jika dikonsumsi.

Manfaat Biji Ganja Hemp

fumayin biji ganja hemp pakan burung

Lalu apa yang membuat fumayin, biji ganja hemp dikenal baik sebagai pakan burung (khususnya Kenari) ? Dilansir dari lama Medical News Today, menurut USDA National Nutrient Database, dua sendok makan biji ganja hemp seberat 20 gram mengandung:

  • 111 kalori
  • 6.31 gram protein
  • 9.75 gram lemak
  • 1.73 gram karbohidrat (termasuk 0.8 gram serat dan 0.3 gram gula)
  • 14 miligram kalsium
  • 1.59 miligram zat besi
  • 140 miligram magnesium
  • 330 miligram fosfor
  • 240 miligram kalium
  • 1.98 miligram zat seng
  • 22 mikrogram (mcg) folat
  • Biji ganja hemp juga mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, dan E.

Kemungkinan Manfaat Benefit dari Mengkonsumsi Biji Ganja Hemp

Dari penjelasan kandungan diatas, bisa dilihat bahwa fumayin memiliki manfaat baik sebagai bahan pakan burung. Bahkan, laporan menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dari biji ganja hemp berkaitan dengan sejumlah potensi untuk kesehatan juga bagi manusia.

Baca juga: Cara kerja senyawa CBD pada ganja dalam tubuh manusia dan efek medisnya.

Kandungan Lemak Sehat

American Heart Associaton merekomendasikan mengkonsumsi dua porsi ikan sebanyak 1 kilogram (3.5 ons), terutama ikan yang mengandung minyak setiap minggunya. Ikan merupakan sumber utama asam lemak omega-3. Jika seseorang tidak secara teratur mengkonsumsi ikan, mungkin tidak akan mendapatkan cukup DHA atau EPA.

Biji ganja hemp merupakan sumber nabati asam lemak omega-3. Namun, asam lemak yang terdapat dalam biji hemp adalah asam alpha-linolenic acids (ALA) yang dikonversi dengan kurang baik menjadi DHA dan EPA dalam tubuh dengan rata-rata sekitar 2 sampai 10 persen.

Meskipun tingkat konversi tidak terlalu baik, ganja hemp adalah salah satu sumber ALA tertinggi dan masih merupakan sumber lemak sehat yang sangat baik, terutama bagi orang yang tidak mengkonsumsi ikan atau telur.

Biji hemp mengandung asam lemak omega-6 spesifik yang disebut GLA dan minyak ganja hemp mengandung persentase GLA yang lebih tinggi. Biji hemp juga mengandung pitosterol yang membantu mengurangi jumlah kolestrol dalam tubuh dengan menghilangkan penumpukan lemak di arteri.

Sumber Protein

Biji hemp mengandung semua 10 asam lemak esensial, menjadikannya sebagai sumber protein nabati yang baik. Hemp tidak mengandung phytates — zat yang mengikat kalsium, sehingga kalsium tidak masuk ke aliran darah — yang ditemukan di banyak sumber protein vegetarian yang dapat mengganggu penyerapan mineral dalam tubuh.

Magnesium

Magnesium memainkan peran penting dalam lebih dari 300 reaksi enzimatik dalam tubuh, termasuk metabolisme makanan dan sintesis asam lemak dan protein. Magnesium terlibat dalam transmisi dan aktivitas neuromuskuler dan relaksasi otot.

Kekurangan magnesium — yang lazim terjadi pada lansia — terkait dengan resistensi insulin, sindrom metabolik, penyakit jantung koroner, dan osteoporosis. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperi biji hemp adalah beberapa sumber magnesium terbaik.

Secara ilmu pengetahuan terkait dengan kandungan nutrisi, biji ganja hemp dinilai kaya akan nutrisi yang bermanfaat jika dikonsumsi. Dan fumayin julukan biji hemp untuk pakan burung ini tidak dapat dimanfaatkan di Indonesia karena melanggar hukum.

Fumayin atau biji ganja hemp dimasukkan sebagai narkotika golongan 1 yang dianggap sebagai turunan dari tanaman ganja karena berasal dari kelas famili yang sama, yaitu cannabis sativa. Miris memang melihat tanaman yang kaya akan manfaat dinilai rendah karena keangkuhan manusia. Semoga wawasan bangsa semakin terbuka.

Share this not copy
Scroll Up