Hemp, Ganja Industri Kaya Manfaat

Baca Ganja – Ganja industri yang dikenal dengan sebutan hemp adalah varietas tanaman spesies Cannabis Sativa. Merupakan tanaman dengan pertumbuhan yang cepat dan tercatat sudah digunakan sejak > 10.000 SM.

ladang hemp
Ladang hemp di Jerman.

Walaupun ganja (marijuana) dan hemp berasal dari tanaman spesies Cannabis Sativa dan mengandung senyawa psikoaktif THC, namun hemp memiliki kadar THC yang rendah dan tinggi CBD, sehingga menghilangkan efek psikoaktif THC.

Hemp dapat digunakan untuk membuat berbagai produk komersial dan industri, termasuk tali, tekstil, pakaian, sepatu, makanan, kertas, bio-plastik, bahan bakar bio, kosmetik, dll.

Serat Hemp

mobil terbuat dari serat ganja
Henry Ford menciptakan mobil berbahan hemp.

Serat kulit pohon hemp dapat digunakan untuk membuat tekstil yang berbahan 100% hemp, tapi pada umumnya dicampur dengan serat lain, seperti flax, katun atau sutra, dan poliester untuk membuat kain tenun sebagai pakaian.

Dua serat bagian dalam hemp yang lebih berkayu dapat digunakan dalam industri, sebagai kompos, pembuatan alas tidur hewan, dan bahan yang dapat diurai kembali (biodegradable).

Serat hemp telah digunakan sepanjang sejarah peradaban manusia, mulai dari pembuatan tali, kain, hingga bahan industri yang terbuat dari hemp. Hemp juga digunakan untuk membuat kanvas. Kata “kanvas” berasal dari kata cannabis.

Serat hemp juga dapat digunakan sebagai penguat dalam bio-komposit. Pada tahun 1941, Henry Ford memamerkan mobil ramah lingkungan yang terbuat dari hemp. Panel mobil dicetak dari serat selulosa jerami gandum, hemp, dan pengikat resin.

Bahan Pembuatan Kertas

kertas berbahan ganja hemp
Kertas dari serat ganja.

Kertas hemp pertama kali dibuat sekitar tahun 100 SM di Tiongkok. Hemp cocok untuk pembuatan kertas karena memiliki selulosa yang tinggi. Kertas hemp juga lebih ramah lingkungan daripada kertas yang terbuat dari pohon, karena diproduksi lebih cepat dari pohon.

Hemp memiliki waktu panen yang jauh lebih cepat. Diperlukan waktu sekitar 3-4 bulan untuk batang hemp mencapai masa dewasa, sedangkan pohon bisa memakan waktu antara 20 sampai 80 tahun.

Dibandingkan dengan kertas kayu, kertas dari serat hemp tahan terhadap dekomposisi dan tidak mencoklat seiring bertambahnya usia kertas.

Namun dikarenakan belum adanya mesin yang efisien memisahkan serat yang berguna dari serat yang kurang berguna, maka kertas hemp lebih mahal dibanding kertas dari pohon.

Biji Hemp

fumayin biji ganja hemp untuk pakan burung
Biji ganja hemp.

Ketika hemp teroksidasi, minyak dari biji hemp menjadi padat dan dapat digunakan dalam pembuatan cat berbahan dasar minyak, krim pelembab, untuk memasak, dan dalam pembuatan plastik.

Biji hemp juga digunakan dalam campuran pakan burung. Survei di tahun 2003 menunjukkan bahwa < 95% biji hemp yang dijual di Uni Eropa digunakan untuk pakan ternak dan burung. Di Indonesia, biji hemp untuk pakan burung dikenal sebagai fumayin. Baca selengkapnya fumayin disini.

Biji hemp bisa langsung dimakan mentah, digiling menjadi tepung, atau dibuat menjadi bubuk kecambah kering. Selain itu, juga bisa dibuat menjadi cairan dan digunakan untuk memanggang atau minuman seperti susu dan teh herbal.

Biji hemp mengandung 10 asam lemak esensial sebagai sumber protein nabati yang baik dan kaya akan nutrisi. Biji hemp juga mengandung pitosterol yang membantu mengurangi jumlah kolestrol dalam tubuh dengan menghilangkan penumpukan lemak di arteri.

Bahan Bangunan

hempcrete atau blok beton serat ganja
Hempcrete atau blok beton hemp.

Serpihan batang kayu hemp yang dicampur dengan kapur dapat digunakan untuk membuat blok beton sebagai bahan bangunan, dikenal sebagai hempcrete. Hempcrete dapat digunakan untuk dinding, lantai, dan atap.

Penggunaan hempcrete pertama tercatat pada tahun 1986 di Prancis ketika merenovasi Maison de la Turquie di Nogent-sur-Seine oleh inovator Charles Rasetti.

Hempcrete dapat memancarkan kehangatan dalam ruangan. Tingkat kelembapan yang rendah mengurangi kemungkinan meunculnya dan tumbuhnya jamur yang dapat memengaruhi kesehatan.

Bahan Bakar

Bahan bakar biodiesel dapat dibuat dari minyak dalam biji dan batang hemp, kadang disebut “hempoline“. Oli hemp yang disaring dapat langsung digunakan untuk menggerakkan mesin diesel.

Ada beberapa tahap proses pembuatan bahan bakar dengan hemp. Pertama-tama, hemp diparut dan dipanaskan dengan bahan kimia, sehingga selulosa dilepaskan. Enzim kemudian digunakan untuk memecah selulosa menjadi gula.

Lalu mikroba dimasukkan untuk membantu proses fermentasi gula — mengubahnya menjadi etanol. Akhirnya, etanol dimurnikan dan disuling, yang kemudian siap untuk digunakan.

Selain itu, hemp juga digunakan untuk membersihkan tanah yang terkontaminasi nuklir akibat bencana nuklir di lokasi Chernobyl, melalui proses yang dikenal sebagai fitoremediasi — proses pembersihan radio isotop dan berbagai racun lain dari tanah, air, dan udara.

Melihat banyaknya manfaat ganja industri atau hemp dalam berbagai aspek kehidupan manusia, dapat menjadi solusi bagi Indonesia.


Referensi:
-Wikipedia, Hemp
-oldbuilders.com/why build with hemp/01_whybuildwithhemp_01.htm
-nationalhempassociation.org/making-fuel-from-industrial-hemp/
Share this not copy
Scroll Up