Tanaman Kenaf Ramah Lingkungan yang Mirip Ganja Hemp

Baca Ganja – Tanaman kenaf (Hibiscus cannabinus L.) adalah tanaman penghasil serat yang mirip dengan tanaman ganja industri atau hemp, mulai dari bentuk daunnya dan sifatnya yang sama-sama ramah lingkungan.

kenaf, tanaman mirip ganja hemp
Tanaman kenaf.

Walaupun kenaf memiliki bentuk tipikal mirip dengan ganja atau cannabis, namun kenaf dan ganja bukan berasal dari famili yang sama. Ganja atau hemp (Cannabis sativa) berasal dari famili cannabaceae, sedangkan kenaf termasuk dalam famili tumbuhan malvaceae yang sama dengan tanaman kapas dan okra.

Anehnya, meski kenaf dan kapas berasal dari famili tumbuhan yang sama, tetapi tanaman kenaf lebih terlihat identik dengan tanaman ganja atau hemp (yang membedakan kenaf dan ganja hanya pada bagian bunganya).

Karena kemiripannya, kenaf juga disebut sebagai deccan hemp. Selain itu, kenaf juga memiliki sifat ramah lingkungan sama seperti hemp. Tidak seperti kapas yang merupakan famili kenaf, kapas lebih berdampak pada kesehatan lingkungan, karena membudidaya kapas memerlukan banyak air dan pestisida.

Kenaf dan Hemp, Tanaman Ramah Lingkungan

Sama seperti hemp, kenaf memiliki pertumbuhan yang cepat dan kandungan biomassa (bahan organik) yang tinggi, serta digunakan sebagai sumber serat dengan banyak kegunaan. Penelitian menemukan potensi kenaf sebagai fitoremediasi — metode membersihkan limbah lingkungan menggunakan tanaman.

Penelitian menunjukkan bahwa kenaf berpotensi tinggi untuk remediasi hidrokarbon dan tanah yang terkontaminasi logam berat. Kemampuan kenaf dalam menyerap kandungan logam berat bervariasi, tergantung tekstur tanah, pH, dan konsentrasi logam berat dalam tanah.

Kenaf juga memiliki toleransi yang tinggi terhadap kesuburan tanah yang rendah dan tidak membutuhkan banyak pengelolaan tanah. Selain itu, tidak seperti kapas yang masih merupakan familinya, kenaf tidak terlalu membutuhkan banyak penggunaan pestisida.

Selain ramah lingkungan, kenaf dan hemp merupakan sumber serat potensial, yang dapat diaplikasikan sendiri ataupun digabungkan dengan bioplastik sebagai bahan komposit untuk menggantikan bahan sintesis yang memiliki fungsi yang sama.

Serat kenaf juga cocok untuk berbagai produk kertas dan karton. Proses pembuatan kertas koran dari kenaf membutuhkan lebih sedikit energi dan bahan kimia, yang memiliki manfaat baik secara ekonomis maupun lingkungan. Semoga dengan mengenal kenaf, kita juga lebih dapat mengenal hemp atau ganja industri.

Tinggalkan komentar

Share this not copy