Sejarah Kanvas yang Menghasilkan Lukisan Mahakarya

Baca Ganja – Banyak lukisan antik yang dilukis diatas kanvas dan menjadi sebuah lukisan mahakarya, seperti lukisan “Mona Lisa” oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lalu dari apakah kanvas terbuat? Sejarah kanvas.

lukisan mahakarya
Lukisan Mona Lisa. (Wikipedia, Mona Lisa)

Dilansir Sky News (21/05/20), lukisan mahakarya Mona Lisa yang terletak di Museum Louvre, Prancis, sempat dianjurkan oleh pengusaha untuk dijual dengan harga 50 milyar Euro (sekitar 800 triliun Rupiah) untuk membantu keuangan negara di tengah pandemi corona.

Jika dilihat dari nominalnya, tentu lukisan Mona Lisa bukanlah sebuah lukisan biasa. Selain itu, ada hal lain yang cukup mengejutkan, yaitu lukisan Mona Lisa dilukis diatas kanvas yang terbuat dari hemp.

Dalam buku Peter J. Sell yang terbit di tahun 2017, berjudul Women the Power behind the Crown of England, ia mengatakan bahwa; “The answer is they were all on Cannabis. ‘What you say’ and believe me I could have used any painting to throw you off the answer however technically what I have just stated is true. The same statement can be said of every portrait that is painted on canvas.”

Yang artinya; “Jawabannya adalah mereka terbuat dari kanabis. ‘Apa yang anda katakan‘ dan percayalah saya dapat menggunakan berbagai lukisan untuk mengusir pertanyaan tersebut yang secara teknis saya dapat membenarkan pernyataan saya. Hal yang sama dapat saya ucapkan untuk setiap lukisan yang dilukis diatas kanvas”.

Etimologi Sejarah Kanvas

Etimologi adalah cabang ilmu bahasa yang menyelidiki asal-usul kata serta perubahan dalam bentuk dan makna.

Dilansir dari Online Etymology Dictionary, Kanvas (canvas) merupakan kain berbahan kuat yang terbuat dari hemp atau linen dari pertengahan abad ke-14. Canvas berasal dari kata Anglo-Prancis canevaz, dan bahasa Prancis kuno chanevaz “canvas”, secara harfiah artinya “yang terbuat dari hemp”.

Dari etimologi kata kanvas terlihat jelas bahwa awalnya kain kanvas terbuat dari hemp. Sekitar abad ke-16 kanvas dibuat dari linen ataupun hemp dan permukaan kainnya banyak disukai untuk dijadikan tempat melukis.

Selain digunakan untuk melukis, kanvas yang sangat tahan lama juga digunakan untuk membuat layar kapal, tenda, ransel, dan barang mode lain seperti tas, tas perangkat elektronik, dan sepatu.

Baca juga: Sejarah penggunaan ganja di dunia

Lukisan Mahakarya Lainnya

Banyak karya lukisan-lukisan antik yang dipajang di museum yang dilukis diatas kanvas yang terbuat dari hemp. Seperti pelukis ternama Belanda Rembrandt Harmeszoon van Rijn (15 Juli 1606 – 4 Oktober 1669) dan Vincent Wilem Van Gogh (30 Maret 1853 – 29 Juli 1890).

Dua pelukis ternama tersebut diketahui melukis sebagian besar karyanya diatas kanvas berbahan hemp yang cocok untuk lukisan minyak. Berikut ini adalah lukisan potret kedua seniman diatas kanvas hemp.

Sejarah Kanvas
Rembrandt Harmeszoon van Rijn.
sejarah kanvas van gogh
Vincent Wilem Van Gogh.
Starry Night Over the Rhône sejarah kanvas
Starry Night Over the Rhône (Van Gogh).
sejarah kanvas the potato eaters
The Potato Eaters (Van gogh).

– Sejarah Kanvas yang Menghasilkan Lukisan Mahakarya


Referensi:
-Wikipedia, Canvas
-marijuanacannabis.wordpress.com
-gardenofpraise.com
-Women the Power Behind the Crown of England, Peter J. Sell, 2017

Tinggalkan komentar

Share this not copy