Rezim Gagal Mencerdaskan Bangsa, Silogisme Ucapan Ibu Megawati

Baca Ganja – Ketum PDIP yang merupakan partai penguasa di parlemen pemerintahan saat ini, Megawati Soekarno Putri, mempertanyakan sumbangsih generasi milenial yang hanya bisa demo, yang secara tidak langsung menyiratkan bahwa rezim gagal mencerdaskan bangsa.

rezim gagal mencerdaskan bangsa
Megawati Sokearno Putri (sumber: Kompas.com)

Dilansir dari Merdeka.com (30/10), dalam sambutannya saat peresmian kantor DPD-DPC PDIP secara virtual, Rabu (28/10) bertepatan di Hari Sumpah Pemuda, Megawati yang juga mantan Presiden RI ke-5 mempertanyakan sumbangsih generasi milenial kepada bangsa.

“Apa sumbangsih kalian kepada bangsa dan negara ini? Masak hanya demo saja, nanti saya dibully, saya enggak peduli hanya demo saja, ngerusak apakah ada di dalam aturan? Berdemo diizinkan karena ketika reformasi, kita masuk ke alam demokrasi, Ya. Tapi adakah aturannya bahwa untuk merusak? Enggak ada,” tegasnya.

Dalam penalaran (logic) silogisme, jika pemimpin partai rezim mengkritik generasi milenial hanya bisa demo, itu artinya ibu Mega mengkritik rezimnya sendiri yang berkuasa gagal mencerdaskan bangsa yang merupakan sebuah kewajiban negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai isi pembukaan UUD 1945.

Jika memang rezim berhasil mencerdaskan bangsa, pastinya Bu Megawati tidak akan mempertanyakan sumbangsih generasi milenial dan mengatakan “masa hanya demo saja”. Lagipula, demo yang dilakukan milenial karena menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja yang dinilai melukai rakyat.

Selain itu, pernyataan bu Megawati yang menuduh milenial menjadi pelaku perusakan fasilitas umum ditanggapi oleh Najwa Shihab dan timnya untuk membongkar fakta sesungguhnya apakah benar pelakunya adalah kaum milenial alias mahasiswa dan buruh.

Ternyata setelah dianalisa Najwa Shihab dan tim Narasi TV lewat foto dan video dari jurnalis media, diketahui bahwa pelaku perusakan fasilitas umum, halte Sarinah, bukanlah dari kalangan mahasiswa ataupun buruh. Dikutip dari merdeka.com (30/10).

Daripada ibu Megawati mempertanyakan sumbangsih generasi milenial, lebih baik menyarankan Presiden Jokowi yang secara struktural partai dibawah naungannya untuk mendobrak ilmu pengetahuan baru bagi bangsa Indonesia, misalnya dengan melakukan riset ilmiah terhadap ganja untuk mengetahui seberapa jauh potensi ganja.

Share this not copy
Scroll Up